Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang (Sebuah Refleksi)

November 04, 2018


Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dengan negara maju (kaya) tidak tergantung pada umur negara itu.

Contohnya Negara India dan Mesir yang umurnya lebih dari 2.000 tahun, tetapi masih terbelakang dan miskin.

Di sisi lain, Singapura, Kanada, Australia dan New Zeland, negara-negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia dan penduduknya tidak lagi miskin.

Ketersediaan Sumber Daya Alam di suatu negara juga tidak menjamin negara tersebut menjadi kaya atau miskin.

Jepang adalah negara yang mempunyai areal yang sangat terbatas. Delapan puluh persen dari daratannya berupa pegunungan dan tidak cukup untuk menumbuhkan pertanian dan peternakan.

Tetapi, saat ini, Jepang adalah raksasa ekonomi Dunia. Jepang laksana suatu negara industri terapung yang besar sekali. Jepang mengimpor bahan baku dari semua negara dan mengekspor barang yang sudah jadi.

Swiss tidak mempunyai perkebunan cokelat, tetapi menjadi negara pembuat cokelat terbaik di dunia. Swiss adalah negara yang sangat kecil. Hanya 11% dari daratannya yang bisa ditanami.


Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik  (Nestle adalah salah satu perusahaan makanan terbesar dunia).
Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam hal keamanan, integritas, dan ketertiban, tetapi saat ini, bank-bank di Swiss menjadi bank yang disukai dunia.

Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari berbagai negara terbelakang, akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan. Ras, atau warna kulit juga bukan faktor penting.

Para imigran yang disebut sebagai pemalas di negara asalnya, ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju/ kaya di Eropa.

Lalu, apa bedanya?

Perbedaannya adalah pada

Sikap atau perilaku masyarakatnya.

Perilaku masyarakat yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.

Berdasarkan analisis perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa, mayoritas penduduk sehari-hari mengikuti/ mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut :


1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
2. Kejujuran dan integritas
3. Bertanggung jawab
4. Hormat pada aturan dan hukum masyarakat
5. Hormat pada hak orang lain
6. Mencintai pekerjaan
7. Berusaha keras untuk menabung dan berinvestasi
8. Mau bekerja keras
9. Tepat waktu


Kita bukan miskin/ terbelakang karena kurang Sumber Daya Alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.

Kita terbelakang/ lemah/ Miskin karena perilaku kita yang kurang baik. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan menjalankan prinsip-prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat menjadi pantas membangun bangsa dan negara.



Jika anda mencintai negara ini,
Beritahu teman-teman anda,
Agar mereka merefleksikan hal tersebut,

Kita harus mulai dari mana saja
Dari diri sendiri
Saat ini juga

Sebuah tulisan yang saya baca entah dari mana,
Saya menulis ulang dengan harapan semakin banyak orang yang membaca sehingga pesan dari tulisan akan sampai pada lebih banyak warga dan gerakan perubahan perilaku masyarakat akan segera terjadi. Sesuai harapan penulisnya.

Sayangnya saya lupa siapa penulisnya.

Demikian, terimakasih.

You Might Also Like

35 comments

  1. Baguss ulasannya mbak.. Harus banyak belajar menulis sama mbak Rahma.. *Temen blogging bassic

    ReplyDelete
  2. Sangat inspiratif. Yang jadi pertanyaanku mengapa mentalnya (masy Indonesia umumnya) bisa begitu ya? Lalu bagaimana agar masing-masing memiliki kesadaran mental yang baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendidikan dan pembiasaan, termasuk pola pikir orang tua dan pendidik. Mari kita mulai perubahan, dari diri kita sendiri

      Delete
  3. Ternyata, atitude itu penting banget ya untuk kemajuan sebuah bangsa. Keren Mbak Rahma, jadi bisa tiru nilai positif orang-orang di negara maju ^_^.

    ReplyDelete
  4. Perbedaannya adalah pada

    Sikap atau perilaku masyarakatnya.

    ---------------

    Semoga saya bisa mendidik anak anak saya untuk menjadi manusia yang berperilaku baik, sesuai dengan agama dan etika, sehingga bisa menjadi generasi yang mendukung kemajuan indonesia. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mba.
      Semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi

      Delete
  5. Tugas kita mengubah diri menjadi lebih baik lagi dan menyiapkan generasi mendatang agar Indonesia semakin maju. Semoga:)

    ReplyDelete
  6. Setuju banget mba. Maju atau tidaknya suatu negara sebenarnya bukan dilihat dari insfrasturnya tapi kualitas masyarakatnya. Jadi kalau mau negara kita maju, fokus pertamanya bukan ke insfrastrukturnya tapi harusnya ke kualitas masyarakatnya atau pendidikannya. Pendidikan di sini maksudnya pendidikan yang berkualitas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju, pendidikan yang baik akan membawa pengaruh positif bagi negara

      Delete
  7. Revolusi mental besar2an, mudah2an berhasil. Memang susah tapi bukan tidak mungkin. Maklum dibetuk selama 32 th, kemajuan fisik tdk dibarwngi dg akhlak & etika yg baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.
      Maka mari kita mulai perubahan ke arah yang lebih baik dri diri sendiri dan keluarga masing2

      Delete
  8. Sepakat, Mba. Kita bisa mengambil bagian dengan memulainya dari diri sendiri, keluarga, dan sekeliling kita.

    ReplyDelete
  9. Semoga kita bisa menjadi lebih baik dan menularkannya disekitar kita. Karena skrg banyak pengaruh buruk yang cepat beredar dari kecanggihan teknologi yang disalahgunaka oleh org-org yang tdk bertanggung jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa mengimbangi pengaruh buruk itu dengan sebisa mungkin berbuat baik

      Delete
  10. Mungkinkah budaya warisan jaman kolonial dulu memengaruhi pola pikir kita? Soalnya kebanyakan masyarakat Indonesia masih susah utk open minded. PR buat generasi milenial ini untuk memperbaiki mental alias revolusi mental ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  11. iya ya, mbak kalo di lihat di negara maju, budaya antrinya sudah sangat baik, dan taat hukum, jadi nggak semberaut seperti pemandangan yang sering kita lihat di sini. semoga m,asyarakat kita juga bisa mulai dari hal terkecil, yakni budaya antri dan buang sampah pada tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju, budaya antri dengan tertib dan penuh kesadaran serta membuang sampah pada tempatnya saja masih menjadi hal yang berat untuk dilaksanakan yaa

      Delete
  12. Bagus ulasannya, Mbak. 9 poin di atas kalo diterapkan oleh mayoritas warga negara kita, insya Allah Indonesia akan jadi negara yg lebih baiiiiik. Memang butuh perjuangan, ya. Harus dimulai dr lingkup terkecil dulu: kita dan keluarga. Lalu menularkannya pada masyarakat. Semangaaat! :)

    ReplyDelete
  13. Wah attitude emang penting banget ya mbak buat kemajuan bangsa. :)
    Ah jadi makin semangat mendidik anak agar menjadi bagian pembangun masyarakat kelak, Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus semangat dan tularkan semangat pada yang lain

      Delete
  14. Setuju banget. Attitude is everything, karena itu yang akan membuat banga kita menjadi maju :)
    Dimulai dari mana? Dari sendiri aja dulu, lalu ke keluarga, dan akan berkembang seterusnya :)

    ReplyDelete
  15. Negara berkembang kl kita datang dlm 5 th perubahannya nyata terlihat. Kalau negara maju, 5 th ke sana masih adem ayem hampir sama. ^_^

    ReplyDelete
  16. Sumber daya alam indonesia yang maa syaa ALlah luar biasa tentu akan semakin bermanfaat jika didukung dengan Sumber daya manusia yang juga luar biasa.

    Semoga bisa segera terwujud

    ReplyDelete
  17. Betul banget. Masyarakat kita harus banyak belajar tentang perilaku. Contoh kecil: antri. Kebiasaan antri ini harus dibudayakan sejak kecil, hingga tidak ada lagi yang mencoba menerobos antrian. Terima kasih ya Mbak, artikelnya sudah mengingatkan kita semua..

    ReplyDelete
  18. Betul Mba infrastruktur & sumber Daya alam Yg melimpah rasaNya tidak cukup utk menentukan kualitas suatu negara, Yg sangat penting justru attitude, mental, Dan kualitas SDM nya

    ReplyDelete
  19. Setuju bangeeeet. Sikap dan perilaku masyarakat. Indonesia salah satunya yg SDMnya kurang, pendidikannya apa lagi, duh. Makasih mba sharingnya jadi pengingat. Minimal ke kekeluarga ya supaya anak bisa menjadi penerus yg mengembangkan bangsa menjadi negara maju. Aamiin.

    ReplyDelete
  20. Makasih info dan sharingnya mbak. Jadi berkaca diri.sikap mental yang harus diperbaiki dan tidak ada salahnya sikap ppsitif mereka kita tiru juga yaa

    ReplyDelete
  21. Baru tahunsy klw swiis negara yg tidak menghasilkan cokelat namun memiliki produksin cokelat yg berkualitas.

    Semoga negara kita bisa menjadi negara maju

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images