Menulis Sebagai Hobi yang Menyenangkan

October 27, 2018


Menulis Sebagai Hobi yang Menyenangkan

Saya hobi membaca sejak masih menjadi siswa sekolah dasar. Dari SD sampai SMA, hampir setiap tahun saya mendapat hadiah dari perpustakaan sebagai pengunjung terbaik. Itu karena dalam sehari bisa lebih dari dua kali saya ke perpustakaan. Bukan mau mojok ya, tapi mau membaca. Hmmm, mau bagaimana lagi, saya tidak punya banyak kawan. Jadi ketika anak lain bermain dengan kawannya, saya bermain dengan buku. Mau main di kantin, saya bukan siswa kaya yang membawa uang jajan segambreng sehingga bisa puas jajan apa saja. Uang saku yang saya bawa, hanya cukup untuk membeli empat buah gorengan saja. Dari SD sampai SMA, sama.

Maka tidak ada pilihan lain bagi saya, kecuali membenamkan diri dalam aktivitas membaca yang semakin lama justru menarik saya semakin dalam sehingga menjadi cinta. Ehem!

Dari hobi baca itu kemudian, saya mulai belajar menulis. Waktu itu, di tahun 90-an, hampir semua anak muda mempunyai buku harian.

Dear Diary, ....
Begitu pembuka catatan harian di tiap curhatnya. Jadi kangen nulis di buku diary ...

Saya juga punya buku catatan harian itu. Segala unek-unek saya tuliskan di sana. Dari uang jajan yang sedikit, baju yang hanya beli jika lebaran saja, guru yang galak, soal ulangan yang tingkat kesulitannya di luar nalar, sampai soal gebetan. Witwiw!

Dear Diary,
Hari ini si dia nyapa aku looh. Aku seneng banget. Kamu tahu kan kalau dia itu anaknya cuek, aku sering kan cerita ke kamu soal itu. Tapi hari ini dia nyapa aku masa. Yaa, walaupun demi minta jawaban PR yang katanya belum dikerjakan.

Hahaha, begitulah kira-kira isi curhat saya.

Kemudian di era milenial seperti sekarang ini, dimana semua serba elektronik, surat elektronik, buku harian juga elektronik, betapa sudah teramat sangat lama saya memiliki keinginan untuk punya blog pribadi. Tapi memiliki keinginan saja ternyata tidak cukup.

Saya sudah mencari di mesin pencari terbesar abad ini, bagaimana sih cara membuat blog yang mudah?  Bagaimana sih langkah membuat blog bagi pemula? Eeeh, tapi, bukannya menemukan jawaban, saya malah bertambah bingung. Entah otaknya yang belet, atau usia yang sudah tidak lagi muda sehingga saya sulit mengerti.

Tapi kemudian, saya membaca iklan tentang training blogging for beginner dengan mentor uni Ayu, pemilik blog www.RahayuAsda.com  ,yang katanya sangat sabar. Saya memaksakan diri untuk mendaftar, setelah berpikir selama dua hari. Menimbang untuk daftar nggak yaa? Daftar nggak yaa?
Tik tok tik tok tik tok!

Training diadakan dalam waktu satu minggu dengan tugas yang terus diberikan setiap harinya. Sang mentor juga rajin sekali menjawil dan mencolek  mesra peserta supaya aktif mengerjakan tugas. Kelas ini sifatnya tutorial, jadi peserta harus langsung praktek. Mmm, uni mentor, saya suka pemaksaan seperti ini. Training ini recomend banget bagi siapa saja yang mau punya blog.

Di training ini, kami belajar banyak hal. Mulai dari pengenalan tentang bloging. Apa itu blog? Apa itu platform blog? Apa pula niche? Bagaimana membuat blog dengan platform blogspot? Dibimbing membuat header blog dengan canva. Ish, apa pula canva ini? Lanjut dengan membuat artikel, dan mempercantik blog.

Setelah blognya cantik secantik orangnya (ehem!), peserta training diajari pula caranya menjaga hak cipta, dikenalkan dengan situs penyedia gambar gratis, dan cara mendapatkan penghasilan dari blog. Siapa yang menolak coba? Berpenghasilan dari blog!

Saya yang orang awam ini, bahkan tidak tahu mau bertanya tentang apa karena sama sekali tidak ada dasar tentang bloging. Saya tidak tahu apa saja yang harus dipelajari. Jadi obrolan saya dengan mentor biasanya, “Saya siap belajar Uni. Ayo, sekarang kita belajar apa lagi? Kemarin saya sudah sampai sini.”

Dan ketika Uni Ayu yang baik menyebutkan suatu istilah yang saya tidak paham, Sidebar misalnya, atau coding. “Kita ke coding ya mak, sekarang. Tarik nafas dulu Mak. Nyeduh mi gelas juga boleh. Atau ngopi? Eh,” Lalu saya dengan polosnya menjawab “Apa itu Uni? Saya ngga paham.”

Marahkah sang mentor? Atau kesal? Ooh, tentu tidak. Beliau menjelaskan dengan sabar dan detail.

Kesimpulannya adalah, buat siapapun yang ingin punya blog, mau belajar ngeblog, hobi nulis atau ingin berpenghasilan dari blog, mari merapat ke sini. Ke Training Blogging Basic For Beginners dengan mentor kece, materi yang sesuai dan sistematis, dan goal yang jelas.






You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images